3 Aturan Gosip Positif

Sobat gosip,apa iya kita bisa melakukan gosip positif? Sering kali yang namanya gosip pasti di konotasikan dengan hal negatif.Ya namanya juga gosip tentu hal itu sudah termasuk tidak baik.Tapi ada 3 aturan yang bisa kita terapkan bila kita mau ber gosip.Berikut ini aturannya:

Suatu hari, filsuf terkenal Socrates bertemu dengan seorang pria. Setelah mengucapkan salam, sang pria berkata, “Tahukah Bapak, apa yang baru saya dengar mengenai salah seorang teman kita?”
“Tunggu sebentar,” jawab Socrates. “Sebelum kamu bercerita, saya ingin mengajukan tiga pertanyaan terlebih dahulu. Pertanyaan pertama, apakah kamu bisa memastikan berita itu memang benar terjadi dan bukan sekadar kabar burung?”
Pria itu menjawab, “Tidak. Saya baru saja mendengar berita itu dan belum sempat memastikan apapun tentangnya.” Socrates mengajukan pertanyaan kedua, “Apakah cerita yang akan kamu sampaikan berisi kebaikan orang lain?” Sekali lagi pria itu menjawab tidak.
Sang filsuf mengajukan pertanyaan terakhir, “Apakah cerita itu akan berguna buat saya, kamu, atau orang lain?” Lagi-lagi,  pria teman Socrates menjawab tidak.
“Kalau begitu,” simpul Socrates, “Jika apa yang akan kamu katakan tidak benar, tidak baik, dan tidak berguna, sebaiknya kamu simpan cerita itu di dalam hati saja. Lain kali saringlah setiap kata dari mulutmu dengan tiga aturan itu.”

Ok sobat gosip,jadi kesimpulannya adalah bila kita mau ber gosip maka,ikuti 3 aturan gosip positif tersebut yaitu:Jika tidak benar,jika tidak baik dan jika tidak berguna,maka sebaiknya kita tidak usah ber gosip.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Cara Membuat Minyak Lintah Pembesar Penis

Metode Alami Memperpanjang Mr.P

Kontraktor Kolam Renang di Jakarta